DIY Buku Aktivitas: Laut

Kehidupan laut yang menakjubkan kami kenalkan kepada K dalam aneka aktivitas. Salah satunya dengan membuat buku aktivitas sederhana berikut.

 

Dalam beberapa kesempatan, kami ajak K untuk melihat keagungan Allah SWT dengan mengajaknya membaca maupun melihat saluran televisi edukatif semacam National Geographic maupun Discovery.

Perbendaharaan kosakatanya bertambah dengan sendirinya usai menonton program yang mengupas keanekaragaman flora dan fauna, baik di laut, hutan, angkasa, maupun kehidupan di kutub tersebut.

Pinguin, paus, lumba-lumba, udang, cumi-cumi, kepiting, gurita, ubur-ubur, sekaligus hiu, adalah beberapa contoh hewan laut yang akan langsung dia tunjuk bila sedang membaca atau menonton teve bersama kami.

Setelah berhasil mengenali dan menyebutkannya dengan benar, sederet pertanyaan akan diajukan oleh K (3 tahun 3 bulan).

Umpamanya, apa makanan hewan laut, apa yang sedang mereka lakukan, apakah mereka boleh dipegang, bagaimana suara masing-masing hewan laut, dan masih banyak lagi antrean pertanyaan yang membuat kami kewalahan. Haha.

Buku aktivitas sederhana berikut mencoba mengakomodasi minat K akan kehidupan laut.

Tentu, sebagai pelengkap kami ajak K untuk melihat wujud asli beberapa hewan laut yang mudah ditemui.

Untuk mengenalkannya pada udang, kepiting, cumi-cumi, beserta ikan laut maka K rutin dibawa ke pasar tradisional terdekat.

Objek lain semisal perahu atau kapal laut, kami kenalkan bentuk utuhnya saat mengunjungi kampung nelayan atau pelabuhan.

Paparan informasi kehidupan laut tersebut akan direkam olehnya dan kemudian diinterpretasi dalam bentuk gambar maupun cerita karangannya sendiri, lengkap dengan bumbu imajinasi.

Kemampuan memilih dan merangkai kata yang semakin baik, namun masih diutarakan dengan logat khas anak-anak yang cadel, acapkali membuat kami harus menerka-nerka apa maksud sebenarnya.

Bila K mendapati kami dengan mimik muka kebingungan maka dia akan meraih apapun untuk menjelaskannya.

Posisi pensil maupun spidol yang digenggamnya masih belum benar memang, namun K akhir-akhir ini gemar membuat coretan di buku gambar maupun di whiteboard.

Sewaktu memainkan buku aktivitas bertemakan laut ini, dia akan mencoba meniru gambar yang ada dan menceritakan apa yang dia gambar.

Sederhana namun seru bukan?

Nia Efendi

Assalamualaikum.. Kindly drop your comments, advices, ideas, or else below. Be wise please. Bunches of thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*