DIY Stik Es Krim Aneka Warna

Kegiatan prakarya yang dilakukan K kali ini bersama dengan Ibu adalah mewarnai stik es krim dengan cat air. Simak ceritanya, yuk!

Kendati kegiatan melukis maupun mewarnai sudah tak terhitung berapa kali kami lakukan bersama, K (34 bulan) kadangkala masih enggan untuk mau duduk dalam waktu relatif lama.

Relatif lama bagi K hanyalah dalam hitungan menit. Mampu membuatnya anteng selama 5 menit saja sungguh sebuah tantangan!

Tak terkecuali dengan aktivitas berikut. Sebelum memulai mewarnai stik es krim, Ibu menanyakan terlebih dahulu apakah K mau mewarnai.

Begitu dijawab dengan anggukan tanda setuju, maka Ibu segera menyiapkan alat dan bahan yang dipakai.

K juga terlibat dalam pemilihan warna. Awalnya Ibu berencana menggunakan deretan warna-warna pastel, namun K memilih untuk menggunakan warna dasar, yakni merah, biru, dan kuning.

Sepertinya, K lebih tertarik dengan kemasan catnya. Tak berapa lama kemudian dia mencoba memainkan 3 kemasan cat air yang dipilihnya: ditumpuk, dilempar, dilepas labelnya, lalu dibuka tutupnya.

Masuk dalam tahap mewarnai, K masih memiliki ketertarikan untuk memoleskan cat air di permukaan stik es krim.

Tentu dengan bantuan Ibu, mengingat luas bidang yang diwarnai tak begitu lebar seperti kanvas.

Warna merah, biru, dan hijau berhasil dia oleskan di permukaan stik. Pada kesempatan kali ini K berhasil menuntaskan 3 stik, Alhamdulillah!

Sambil mencoba mengaduk-aduk cat air yang telah ditaruh di dalam wadah, K juga sesekali mengambil cat langsung dari kemasannya.

Tak jarang, dia sengaja mengambil sedikit cat dengan jarinya lalu ditempelkan ke tangannya sendiri atau ke tangan Ibu. Iseng sekali bukan? Hehe.

“Kakak K, ayo lihat kita campur warna biru dan kuning ya!”

Dia hanya mengangguk dan menunggu hasil pencampuran warna.

“Ibu, jadi walna hijoi!” (Ibu, jadi warna hijau)


Iya, K memang masih belum fasih mengatakan warna “hijau”, dia ubah istilahnya menjadi “hijoi”. Haha.

Bagaimana dengan stik warna kuning? Sudah pasti dikerjakan oleh Ibu. Lho, kok bisa?

Ya, K sudah beralih dengan aktivitas lain, yaitu memilih menumpuk dan melemparkan 3 kemasan cat air yang digunakan. Sambil mondar-mandir di sebelah Ibu.

Dia akan bersorak kegirangan saat berhasil menumpuknya di meja atau kursi. Namanya juga anak-anak, pasti senang mengeksplorasi benda-benda di sekeliling ya, K?

Nia Efendi

Assalamualaikum.. Kindly drop your comments, advices, ideas, or else below. Be wise please. Bunches of thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*