Apa Manfaat Di Balik Melukis Botol Kaca?

Melalui kegiatan melukis, anak usia dini bisa belajar banyak hal sederhana. Apa saja ya?

 

Sebut saja melatih koordinasi mata dan tangan, melatih keluwesan tangan saat memegang benda kecil sebagai bekal persiapan menulis kelak, hingga wadah berkreasi.

Bila kemudian mereka mampu mengenali jenis warna itu juga bagian dari bonus.

Lebih dari itu, memberikan kesempatan kepada anak usia dini untuk memilih warna, memulai permainan dengan cara mereka sendiri, hingga melibatkannya dalam proses persiapan bahan juga akan menstimulasi mereka belajar mandiri dan mengambil keputusan sendiri.

Yang terakhir tentulah berdampak tak sedikit bagi orang tuanya.

Ketika anak memiliki kepercayaan diri untuk memilih sesuai kehendaknya, bersiaplah wahai orang tua untuk menerima penolakan seperti yang kami alami akhir-akhir ini. Haha.

Ketika kami mengajak K (33 bulan) untuk melukis sementara dia sedang ingin bermain mobil-mobilan, maka semua bahan melukis yang telah disiapkan mau tak mau harus menunggu sampai K menyentuhnya.

Atau bila kami ingin mengajaknya mengulang kembali pelafalan huruf hijaiyah yang sudah dikuasainya padahal dia sedang asyik berkreasi menggunakan spidol dan whiteboard, maka kami akan menunggunya sampai selesai.

Sama halnya dengan permainan melukis botol kaca bekas selai berikut.

Pada mulanya K sangat antusias, mulai dari menyiapkan botol kaca, ikut menempelkan stiker bulat, mencoba menggunting selotip kertas lalu menempelkan ke botol kaca, memencet pewarna, kemudian mengoleskannya pada permukaan kaca.

Tapi itu hanya beberapa saat saja! K kemudian beralih ke permainan lain dan Ibu menyelesaikannya sendiri. Haha.

Nia Efendi

Assalamualaikum.. Kindly drop your comments, advices, ideas, or else below. Be wise please. Bunches of thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*