Manfaat Bermain Gunting Tumpul

Bermain dengan gunting tumpul tak hanya membuat anak usia dini belajar hal teknis tentang bagaimana cara memegang gunting. Di balik setiap momen bermainnya mengandung banyak hal berguna untuk proses perkembangannya.

 

Salah satunya adalah sebagai sarana melatih koordinasi mata dan tangan. Membuat anak usia dini seperti K (32 bulan) untuk mampu memegang gunting dengan posisi yang benar bukanlah perkara gampang.

Dibutuhkan konsentrasi dan kemampuan untuk mengendalikan tangan maupun mata dengan baik.

Dalam waktu bersamaan, jari tangan kanan masuk ke dalam pegangan gunting sementara jari tangan kiri memegang objek yang akan digunting.

Ditambah lagi perlunya kejelian mata agar gunting yang berhasil dipegang tersebut mampu melakukan tugasnya. Ayo semangat, K!

Sekali, dua kali, atau bahkan lebih dari sepuluh kali percobaan terkadang keadaan masih tak berubah: posisi tangan belum tepat dan objek melenceng dari sasaran.

Apakah mereka akan mudah menyerah begitu saja ketika menghadapi kegagalan tersebut?

Tentu saja tidak! Dengan senang hati mereka akan mencobanya sendiri melalui beragam cara, persis apa yang dilakukan K.

Dari hal sederhana inilah mereka akan belajar tentang kesabaran, kehati-hatian, semangat pantang menyerah, kepercayaan diri untuk menyelesaikan masalah, dan belajar untuk meminta tolong.

Ya! Mereka juga akan belajar berkomunikasi sesuai dengan kemampuan dan kosakata yang dimiliki.

Keterampilan bahasa yang merupakan landasan untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar sudah seyogyanya dilatih secara terus-menerus.

Dengan meminta tolong, K mampu merangkai kalimat, menemukan kosakata yang tepat, dan bahkan mencoba bertanya bila ada nama benda yang belum dia ketahui kemudian merekamnya di dalam otak.

Mereka sekaligus belajar untuk memupuk kepercayaan diri.

Bahwa mereka bisa memegang gunting dengan benar, berhasil menggunting suatu benda, serta berkomunikasi dengan baik merupakan keterampilan baru yang patut diapresiasi.

Dalam beberapa minggu belakangan, K yang sangat tertarik dengan gunting tumpul berusaha mengeksplorasinya dengan mencoba menggunting sejumlah bahan.

Mulai dari kertas, play doh, plastik, kardus bekas makanan, styrofoam, hingga sayuran.

Khusus dua yang terakhir memang sengaja kami siapkan agar dia mengenal beragam tekstur bahan.

Dan ternyata sangat susah untuk dirobek mengingat guntingnya tumpul. Haha.

Nia Efendi

Assalamualaikum.. Kindly drop your comments, advices, ideas, or else below. Be wise please. Bunches of thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*