Berkreasi dengan Sedotan

Coret-coret warna, baik di kertas bekas maupun buku gambar, memang memiliki keasyikan tersendiri bagi anak usia dini. Krayon, pewarna makanan alami, spidol, cat air, serta masih banyak lagi aneka pilihan yang bisa dipakai.

 

Hampir setiap hari, K (29 bulan) membuat coretan di buku gambar miliknya. Jika bosan dengan kuas dan pewarna makanan, K akan meminta diambilkan spidol atau krayon.

Setumpuk kertas bekas tak lupa kami siapkan. Bahkan, kadang kala aku juga stok kardus bekas makanan yang dibawa ayahnya dari kantor.

Kardus-kardus bekas berwarna putih tersebut memang lebih tebal daripada kertas HVS namun lebih tipis dibandingkan kardus bekas kemasan air mineral atau susu UHT. Yang lebih utama adalah gampang digunting. Nah, daripada dibuang lebih baik dimanfaatkan bukan? Haha.

Mengingat hampir setiap saat K asyik memainkan alat mewarnai dan kertas, maka sudah pasti kami memiliki juga banyak kertas yang berisi hasil karya K.

Kertas HVS bekas maupun buku gambar, selalu kami manfaatkan di kedua sisinya sampai benar-benar tak ada ruang kosong lagi.

Meronce: kegiatan ini melatih K untuk fokus dan sabar. Tentu masih dibantu ya! Haha.

Bila sudah sobek dan sangat kotor maka nasibnya akan berakhir di tempat sampah. Kemudian, bagaimana mengolah kertas yang penuh coretan warna namun masih terlihat bagus?

Silakan menelusuri Pinterest dan temukan sendiri betapa banyaknya ide untuk membuat prakarya dengan mendaur ulang bahan-bahan di sekitar kita. Ya, tentu saja kami juga mencontek ide-ide seru dari Pinterest! Haha.

Mengenal warna: K kami minta untuk memasukkan sedotan kedalam sumpit bekas berdasarkan warna sedotannya.

Sama halnya dengan ide berkreasi dengan sedotan berikut. Kami mendaur ulang buku gambar K yang penuh coretan serta membeli beberapa sedotan sesuai warna yang diinginkan.

Untuk membuat pinwheel atau kincir angin kertas ini, cukup ketikkan kata kunci yang dimaksud dan dalam hitungan detik kita akan berteriak kegirangan melihat ratusan ide di Pinterest lengkap dengan proses pembuatannya.

Menyenangkan sekali!

Nia Efendi

Assalamualaikum.. Kindly drop your comments, advices, ideas, or else below. Be wise please. Bunches of thanks.

One thought on “Berkreasi dengan Sedotan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*