Menempel Huruf Hijaiyah

Aktivitas menempel untuk anak usia dini acapkali mampu menarik perhatian mereka. Dengan catatan, tema permainan sesuai dengan apa yang sedang digemarinya.

 

Demikian halnya K (28 bulan). Walaupun sudah tak terhitung berapa kali kami membuatkannya permainan tempel-menempel, bila temanya melenceng dari minatnya, maka kami harus bersiap untuk diabaikan. Haha.

Menempel kertas maupun biji-bijian dengan lem buatan sendiri masih kalah pamor dengan jenis permainan menggambar atau mewarnai.

Usai menyentuh sebentar alat main dan sedikit mengacak-acaknya, K akan gampang beralih ke kegiatan lainnya.

Kami pun mengakalinya, seperti permainan menempel huruf hijaiyah berikut ini.

Alih-alih memakai lem maka kami menggunakan perekat yang bisa dibeli di toko peralatan menjahit, tersedia dalam bentuk gulungan dengan 2 pilihan warna yakni putih dan hitam.

Tentu saja, menempelkan potongan perekat tersebut di atas lembaran huruf hijaiyah yang dicetak di kertas art paper setebal 260 gram sekaligus di atas biji kacang merah memakan waktu yang tak sedikit.

Lebih tepatnya, menuntut kesabaran ekstra. Haha. Namun semuanya terbayar sudah ketika K sangat menyukai dan betah memainkannya.

Sesekali K akan menunjuk dan menyebutkan satu per satu huruf hijaiyah yang sedang ditempel, menghitung berapa buah biji kacang merahnya, menyebutkan apa warna hurufnya, dan sebagainya.

Terkadang, kami hanya menemaninya tanpa menginterupsi sedikit pun. Lain waktu, kami mengajaknya ngobrol, hanya sekadar menanyakan warna atau jenis huruf hijaiyah yang ditempelnya.

Belum genap 1 bulan kami mulai menambahkan huruf vokal A (fathah) di atas deretan huruf hijaiyahnya, caranya mengeja pun turut berubah.

Bila dulu masih terbata-bata mengucapkan “alif, ba, ta, tsa, jim…” maka akhir-akhir ini mulai mencoba menambahkan fathah.

“Ibu, ini ba.”
“Ini ja, ta, tsa, da.”
“Ibu iat (lihat), ini wa, ha, ya.

 

Tertarik memainkannya bersama buah hati di rumah?

 

Referensi:
Do a Dot Hijaiyah

Nia Efendi

Assalamualaikum.. Kindly drop your comments, advices, ideas, or else below. Be wise please. Bunches of thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*